Bank Indonesia Mengatakan Bitcoin Bisa Menjadi Media Kejahatan

Berita Terbaru – Bank Indonesia sudah melarang virtual currency termasuk juga Bitcoin jadi alat pembayaran yang sah di Indonesia. Bila tetaplah ada penyelenggara sistem pembayaran yang memakai Bitcoin, BI juga akan memberi sangsi.

Bank Indonesia Mengatakan Bitcoin Bisa Menjadi Media Kejahatan” Kita gunakan sangsi keras, kita juga akan akan panggil, ” kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Enny V Panggabean di Gedung BI, Jakarta, Senin 15 Januari 2018.

Menurut Enny, sampai kini transaksi Bitcoin di Indonesia dipakai semakin banyak untuk kejahatan. Sebab jati diri pemakai, serta kisah transaksinya susah dilacak.

” Bila di Indonesia memanglah dilarang. Kalau data-data yang ada pemakaian Bitcoin itu lebih pada kejahatan. Datanya susah dilacak. Untuk kejahatan nyaman sekali, ” katanya.

Untuk pengawasan, kata Enny, BI juga akan tingkatkan koordinasi dengan pihak berkaitan seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan serta OJK.

Mengenai dasar larangan virtual currency termasuk juga Bitcoin yakni Undang-undang No. 7 Tahun 2011 mengenai Mata Uang. Dalam UU itu dinyatakan kalau mata uang yaitu uang yang di keluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *